40 Tempat Wisata Terpopuler Di Yogyakarta

Yogyakarta memang terkenal sebagai pusat seni di Indonesia yang kental dengan budaya Jawa nya, tempat-tempat kuliner yang berkelas dan wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta. Dan yang paling menarik, Yogyakarta juga juga terkenal akan tempat-tempat wisata paling popular di Indonesia yang harus dikunjungi.

  1. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata popular yang terletak di Hargowilis Kokap Kulonprogo Yogyakarta, yang terletak pada ketinggian 450 m dpl, dengan ketinggian itu pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang begitu alami seperti perbukitan di bukit menoreh dan juga waduk sermo, apabila cuacanya sedang cerah maka pengunjung juga dapat melihat ombak pantai selatan.

  1. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi yang berlokasi di Desa Sambirejo Sleman Yogyakarta ini merupakan sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil yang tingginya kurang lebih 20 meter. Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan karena Tebing Breksi menawarkan pemandangan alam dengan view yang luar biasa.

  1. Puncak Becici

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Keccamaan Dlingo Yogyakarta. Puncak Becici terkenal dengan view panorama yang indah dan pastinya dapat memanjakan mata para pengunjung. Puncak Becici juga menyediakan beberapa gardu pandang guna untuk melihat keindahan sunset saat tiba dan menikmati senja bersama keluarga dan pasangan Anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan

  1. Bukit Panguk

Bukit Panguk terletak di Dusung Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bukit Punguk memiliki banyak spot yang indah untuk hunting foto. Selain itu pengunjung akan dimanjakan dengan view pemandangan yang indah dengan background pegunungan dan langit biru. Terlebih jika pengunjung datang pagi buta akan dikejutkan berupa selimut kabut yang indah untuk berfoto.

  1. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung Nglanggeran menyajikan pemandangan yang sangat indah layaknya sebuah lukisan alam, langit biru dan hijaunya pepohonan membuat Embung Nglanggeran tampak indah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Nglanggeran yang berdiri kokoh menjulang bagaikan benteng alam raksasa.

  1. Bukit Isis

Bukit isi terletak di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Bukit Isis adalah tempat wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan karena memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukit Isis sangat cocok untuk mengisi hari libur panjang.

  1. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung kandang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Disekitar Air Terjun Kedung Kandang terdapat persawahan terasering yang indah. Air-air yang mengalir menuruni gundukan bebatuan besar menghasilkan air terjun kecil menawan yang akan memanjakan setiap mata pengunjung. Jalanan yang terjal dan cukup ekstrim harus dilalui jika ingin berkunjung melihat Air Terjun Kedung Kandang.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Desa Parangkusumo, Kecamatan Keretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan gundukan abu vulkanik dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa oleh sungai Opak hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Anda bias bermain dengan hamparan pasir yang sangat luas, dan cukup berjalan kaki Anda bias terhubung dengan Pantai Parangtritis.

  1. Blue Lagoon

Blue Lagoon terletak di kecamatan Ngemplak Sleman,Yogyakarta. Blue Lagoon adalah kolam alami yang dijadikan sebagai pemandian oleh warga setempat dan akan memanjakan setiap pengunjung yang dating, milai dari kesegaran air, udara,tanah dan lainnya masih sangat alami.

  1. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Yogyakarta. Telaga Biru Semin merupakan bekas galian tambang yang berisi air hujan. Kolam bekas gakian tersebut biasanya dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto. Pengunjung bias menikmati udara yang masih segar karena terdapat perbukitan dan persawahan yang indah. Pengunjung juga apat menikmati sunrise dan sunset di Telaga Biru Semin ini.

  1. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora memiliki ketinggian sekitar 50Mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di puncak Bukit Kosakora pengunjung akan di manjakan dengan indahnya sunrise dan sunset Gunung Kidul, bahkan mercusuar di Pantai Baron yang cukup jauhpun bias terlihat dari puncak bukit.

  1. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci merupakan susur sungai dalam gua dengan menggunakan pelampung yang berada dikawasan Kars Gunungsewu. Keunikan Kalisuci yang dijumpai adalah fenomena bentukan bentang alam dan aliran sungai yag mengalr didalam gua. Di tempat wisata ini wisatawan bias melakukan aktivitas susr gua dengan menggunakan peralatan khusus seperti perahu karet, pelampung, tali dll.

  1. Pantai Ngetun Gunungkidul

Keindahan pantai Ngetun  hampir sama dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang sudah populer di mata para wisatawan. Pasir putih yang indah dan bersih serta pemandangan alam Gunungkidul yang berbukit-bukit menjadikan ciri khas keunikan pantai di Gunungkidul termasuk pantai Ngetun ini

  1. Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul Yogyakarta. Pantai Kayu Arum termasuk pantai yang eksotis dan cantic dan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru yang luas. Di Pantai Kau Arum sangat cocok untuk camping karena jauh dari rumah penduduk.

  1. Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Jomblang terletak di kawasan Kars Gunungkidul. Goa Jomlang memiliki mulut goa vertical. Daya Tarik goa ini salah satunya adalah tandusnya kasr Gunungkidul yaitu melihat dan mengabadikan cahaya surgawi yang turun secara tegak lurus menembus kegelapan Goa Jomblang.

  1. Green Village Gedangsari

Desa Gedangsari, yang kini lebih dikenal dengan sebutan Green Village Gedangsari, akan memanjakan mata setiap pengunjung dengan hamparan permadani hijau yang bisa dinikmati dari atas perbukitan. Tak hanya di waktu-waktu tertentu, sepanjang hari dari pagi hingga malam pemandangan di Green Village Gedangsari bisa dinikmati dengan pesona yang berbeda di tiap-tiap waktunya.

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati sunrise, sunset dan terbitbya bulan dimalam hari serta jutaan kemerlip bintang menghiasi suasana di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ini. Keindahan alam lainya adalah deretan pegunungan dan yang menarik.

  1. Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Pantai Watu Kodok Gunungkidul ini tergolong masih baru, karena fasilitas yang dimilik masih belum memadai. Karang-karang terjal disepanjang pantai mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di sepanjang jalan menuju Pantai Watu Kodok pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan rerimbunan tumbuhan yang membuat suasana menjadi rindang dan sejuk

  1. Pantai Jogan Gunungkidul

Pantai Jogan Gunungkidul terletak di Desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten  Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menikmati guyuran air terjun Pantai Jogan harus turun kebawah tebing dengan merambat ke karang-karang. Selain Unik pantai ini masih alami dan sepi pengunjung

  1. Hutan Wanagama

HUtan Wanagama terletak di Kecamatan Patuk dan Playen . Sepanjang jalan para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan ketinggian yang luar biasa. Di dalam hutan juga terdapat berbagai jenis binatang seperti ungags, kera dan beberapa jenis reptile.

  1. Pantai Sarangan Gunungkidul

Pantai Sarangan Gunungkidul yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sarangan memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk mengisi hari libur panjang saat Anda berlibur ke Yogyakarta.

  1. Bukit Sarangan Gunungkidul

Diatas Puncak Bukit Sarangan terdapat pelataran yang cukup lebar yang biasa digunakan untuk menyaksikan pemandangan laut lepas dan deretan pantai disekitar Pantai Sarangan bahkan  Bukit Parang Racuk disebelah barat Pantai Baron dapat disaksikan. Karena memiliki pemandangan yang sangat indah, Bukit Sarangan menjadi  Spot foto favorit para wisatawan.

  1. Embung Batara Sriten

Menikmati keindahan  Embung Batara dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti duduk santai sambal merasakan hembusan angina sepoi-sepoi,  bias juga sambal menikmati segarnya segelah es the atau secangkir kopi di warung kaki lima yang tak jauh dari lokasi.

  1. Pantai Wediombo

Banyak yang mengatakan jika ombak di Pantai Wediombo merupakan ombak terbaik di Jogja, Bisa dibilang Pantai Wediombo merupakan pantai yang cukup lengkap di Gunung Kidul. Ombak di Pantai Wediombo terbilang cukup besar, jadi sangat berbahaya untuk anak-anak, sebagai alternatifnya terdapat kolam-kolam alami di pinggir pantai yang terbentuk dari bebatuan, kolam alami ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Wediombo.

  1. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun perawan yang masih sangat alami. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada waktu musim hujan. Ketika musim hujan debit airnya lebih besar meskipun air cenderung berwarna keruh. Jika musim kemarau, air terjun yang mengalir lebih sedikit namun warna airnya jernih.

  1. Pantai Sadeng Gunungkidul

Yang menjadikan Pantai Sadeng berbeda dari pantai lainya dalah sejarahnya yang unik. Selain menjadi tempat wisata yang unik dan indah. Dari kepercayaan penduduk sekitar, Pantai Sadeng ini adalah mara Bengawan Solo Purba yang mengalir ke selatan. Pengunjung yang dating akan dimajakan dengan pemandangan lautan biru yang membentang luas dan indah.

  1. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Yogyakarta. Pantai Ngrenehan adalah pantai  berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur yang memiliki vie panorama yang memukau dengan deburan ombak yang menerpa pasir putih.

  1. Umbul Sidomukti

Menawarkan banyak wahana seru, salah satu kegiatan favorit yang bisa dilakukan di wisata Ungaran satu ini adalah berenang. Kolam renang di Umbul Sidomukti ada 3, dengan formasi bertingkat dari atas, urutannya adalah yang paling dalam yaitu sekitar 1,5 meter, dan yang paling bawah adalah kolam paling dangkal, sangat cocok untuk anak-anak.

  1. Pantai Slili

Dikawasan Pantai Slili, pengunjung dapat bermain air atau ikan diantara karang-karang pantai, pengunjung juga bias menikmati deburan ombak pantai sembari menikmati kelapa muda dan makanan laut lainya yang sudah disajikan diwarung-warung dekat pantai.

  1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal yang identik mempunyai pasir berwarna putih serta keadaan alam yang masih terlihat alami mengundang banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjunginya, salah satunya di Pantai Pok Tunggal

  1. Gunung Ireng

Gunung Ireng berlokasi di kawasan Pengkok, Patuk, Gunungkidul.  Puncak Gunung Ireng merupakan titik tertinggi di Dusun Srumbung yang dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihan keindahan matahari terbit.

  1. Pantai Watu Lawang

Pantai Watulawang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini akan memanjakan mata setiap pengunjung berupa bebatuan karang dan pasir putih yang indah. Diatas karang terdapat gardu pandang kearah laut yang dapat digunakan unutk memandang indahnya lautan dan berfoto.

  1. Pantai Ngobaran Gunungkidul

Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain memiliki view pemandangan yang eksotis, Pantai Ngobaran juga memiliki pesona alam yang sangat memukau. Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya candi pura dan patung-patung dewa seperti pantai di Bali.

  1. Baron Technopark

Daerah yang kini terus bersolek dan memiliki puluhan tempat wisata menarik itu ternyata juga memiliki wisata Edukasi yang bernama Baron Technopark. Baron Technopark ini memang belum lama dibuka untuk umum karena proses pembangunannya juga belum lama rampung yaitu mulai awal 2016 baru dibuka.

  1. Pantai Kukup Gunungkidul

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Pantai Kukup memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai Gunungkidul lainya. Saat air dalam kondisi surut, pengunjung dapat melihat terumbu karang dan aneka biota laut seperti ikan-ikan kecil, rumput laut dll.

  1. Mercusuar Pantai Baron

Pemandangan diatas Mercusuar sangat menkjubkan, kita bias melihat kesegala arah mulai dari pemandangan laut, pantai, bahkan Pegunungan Sewu bias dilihat. Mercusuar ini digunakan  untuk mempermudah petugas mengawasi lalu lintas diperairan laut.

  1. Pantai Wohkudu Gunungkidul

Pantai Wohkudu terletak di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Wohkudu  yang masih alami. Waktu paling tepat untuk menikmati keindahan alam Pantai Wohkudu  pada saat siang hari dalam kondisi pantai yang surut.

  1. Puncak Kebun Buah Mangunan

Negeri di atas awan, itulah sebutan bagi Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Sekilas mungkin terdengar terlalu berlebihan dan hanya sebutan yang tak masuk akal. Namun ketika Anda benar-benar datang ke lokasi, baru Anda akan percaya bahwa “negeri di atas awan” itu memang nyata adanya.

  1. Gunung Kukusan

Gunung Kukusan merupakan salah satu gunung dari banyak gunung yang memiliki panorama yang menarik di Jogja.. Hal ini disebabkan karena dari Gunung Kukusan, anda bisa melihat panorama pegunungan-pegunungan lain yang ada di sekitarnya. Puncaknya yang cukup tinggi menyebabkan gunung ini memiliki sebuah panorama yang sangat luar biasa, disini anda bisa melihat ciptaan yang sangat megah dari Yang Maha Kuasa.

  1. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya letaknya di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo, Yogyakarta. Tepatnya di Kulon Progo bagian utara. Seperti Waduk Mini Kleco yang ada di Girimulyo, waduk mini ini juga berada di daerah perbukitan.   Obyek wisata ini cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga maupun remaja yang ingin menikmati keindahan alam. Ada yang menarik di waduk mini ini, yaitu terdapat patung durian berukuran besar yang diletakkan di pintu masuk waduk

Dimana Kita Tinggal?

Tulisan ini dipublikasikan di Yogya Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *