Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang Yogyakarta

Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun perawan yang masih sangat alami. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada waktu musim hujan. Ketika musim hujan debit airnya lebih besar meskipun air cenderung berwarna keruh. Jika musim kemarau, air terjun yang mengalir lebih sedikit namun warna airnya jernih.

Memiliki ketinggian sekitar 7 meter, tak menjadikan wisata Air Terjun Luweng Sampang sepi pengunjung. Setiap hari ada saja yang datang hanya sekedar untuk berfoto-foto atau ingin melihat air terjun dari dekat.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang Yogyakarta

Wisata Air Terjun Luweng Sampang masuk dalam wilayah Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Dari Yogyakarta berjarak sekitar 30 km. Tidak ada tiket masuk, hanya donasi seikhlasnya untuk pemeliharaan air terjun. Tak heran jika wisatawan selalu datang berkunjung karena kecantikan Air Terjun Luweng Sampang ini tidak terbantahkan.

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul

• Rute pertama yaitu melalui jalur Jogja – Jl.Jogja – Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang hingga sampai di perempatan timur GCD FM ambil jalur kiri. Dari jalur ini lurus saja menuju Ngoro-oro – Perempatan Puskesmas Patuk II lurus – Pertigaan Padukuhan Semilir ke kiri – Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah lurus saja hingga Balai Desa Terbah. Sampai di pertigaan lurus saja ikuti jalan sekitar 2,6 kilometer dan lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada di kanan jalan.
  • Rute kedua yaitu lewat jalurJogja – Prambanan – Jl. Raya Jogja-Solo dan dilanjutkan Belok ke kanan (selatan) menuju Desa Gantiwarno Klaten. Lalu mengarah ke SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten – arah Desa Sampang Gunungkidul. Sampai di Balai Desa Sampang, ikuti jalan yang ada sekitar 1,3 kilometer dan Air Terjun Luweng Sampang berada di sebelah kiri jalan.

Dimana Kita Tinggal?

Tulisan ini dipublikasikan di Yogya Wisata. Tandai permalink.