Indahnya Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta Kulonprogo, Yogyakarta

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini terletak di pesisir Selatan Kulonprogo, membentang tak jauh dari Jalan Raya Daendles Selatan. Dari arah Pantai Glagah, kamu cukup berjalan ke barat menuju arah Purworejo. Nantinya sebelum perbatasan Yogyakarta – Purworejo (DIY – JATENG) akan ada penunjuk arah menuju tempat ini.

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini sempat rusak parah akibat penebangan liar. Maka ada sekelompok orang yang berinisiatif untuk menghijaukan kembali kawasan ini. Mereka pun mulai menanam berbagai jenis mangrove di tepian Sungai Bogowonto.

Kini hasil kerja keras mereka mulai terlihat, pohon mangrove nan rimbun sudah berdiri berderet-deret di bantaran sungai. Di titik-titik tertentu pohon itu mulai rimbun dan membentuk lorong-lorong gua yang bisa dijadikan lokasi trekking.

> Aktivitas di Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo

  • Jalan-jalan di Lorong Hutan dan Meniti Jembatan Siapi-api
    Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulonprogo ini terbilang kecil dengan pokok pohon yang tak terlalu besar. Di beberapa sudut terdapat ayunan yang bisa kamu gunakan. Selain jalan kayu di antara pepohonan, di bantaran sungai juga terdapat jembatan titian dari bambu. Jembatan inilah yang dikenal dengan nama Jembatan Siapi-api.

> Hunting Foto dan Selfie

Buat para penggila selfie, Hutan Mangrove Wana Tirta Kulonprogo merupakan tempat yang wajib didatangi. Di kawasan ini terdapat banyak spot kece yang instagramable. Salah satu spot wajib foto tentu saja di jembatan bambu panjang yang dikenal dengan nama Jembatan Api-Api.

> Aktivitas

  • Naik Perahu
    Tarif naik perahu ini terbilang murah, hanya Rp 5.000 per orang. Disepanjang pengarungan kamu akan menjumpai panorama indah khas pesisir mulai dari hutan bakau, tambak udang, ladang warga, hingga pasir pantai.
  • Menanam Pohon Bakau
    Sebagai ekosistem mangrove alami yang tersisa di Jogja, kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo Pasir Mendit ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi oleh kelompok Wanatirta.
  • Bersantai di Pantai Pasir Kadilangu
    Di tempat Pantai Pasir Kadilangu ini tersedia beberapa gubug sederhana yang bisa digunakan untuk berteduh serta beristirahat guna melepas lelah. Ada juga ayunan kayu yang berdiri dengan tegak di atas pasir. Kamu bisa mencoba untuk naik diatasnya.

> Lokasi dan Akses Menuju Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Dari pusat kota Yogyakarta bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah. Dari Yogyakarta silakan menyusuri jalan menuju Wates, Kulonprogo. Setelah tiba di Wates lanjutkan perjalanan menuju Pantai Glagah. Sebelum tiba di TPR Glagah, kamu akan menjumpai jalan besar yang dikenal dengan nama Jalan Daendles. Silakan belok kanan dan susurilah jalan tersebut ke arah barat.

Setelah bertemu Jembatan Sungai Bogowonto (perbatasan Kulonprogo dan Purworejo), arahkanlah pandanganmu ke kiri jalan. Begitu menemui SD Jangkaran, pelankan kendaraanmu. Tak jauh dari situ kamu akan bertemu dengan pertigaan kecil menuju kawasan Hutan Mangrove. Ikutah jalan tersebut ke selatan. Nanti akan ada banyak petunjuk arah yang memandumu.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo

Jika ingin masuk ke kawasan hutan yang dikenal dengan keberadaan Jembatan Siapi-api kamu cukup membayar Rp 4.000 per orang. Sedangkan jika ingin masuk ke kawawasan hutan mangrove Wanatirta yang lebih lebat tiket masuknya sebesar Rp 3.000 per orang. Tarif naik kapal sebesar Rp 5.000 per orang.

Dimana Kita Tinggal?

Tulisan ini dipublikasikan di Yogya Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *