Keindahan Waduk Mini Kalibawang

Waduk Mini Kalibawang Yogyakarta

Waduk Mini Kalibawang atau Embung Banjaroya merupakan wisata alam berbentuk waduk berukuran mini yang ada dan dibangun di daerah kalibawang, perbukitan menoreh kulon progo yogyakarta. Wisata alam ini letaknya di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo, Yogyakarta.

Tepatnya di Kulon Progo bagian utara. Seperti Waduk Mini Kleco yang ada di Girimulyo, waduk mini ini juga berada di daerah perbukitan.   Obyek wisata ini cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga maupun remaja yang ingin menikmati keindahan alam. Ada yang menarik di waduk mini ini, yaitu terdapat patung durian berukuran besar yang diletakkan di pintu masuk waduk

> Rute Jalan atau Peta Menuju Embung Kalibawang :

Dari jogja = Jl. Godean – ke barat – sungai progo – lampu merah kenteng – belok kanan – Jl. Magelang kalibawang – REST AREA PASAR BENDO DUSUN POTRONALAN – belok kiri lurus naik keatas.

Dari Magelang = Jl. Magelang Kalibawang – REST AREA PASAR BENDO DUSUN POTRONALAN – balok kanan naik keatas

Dari arah kota Yogyakarta maupun Magelang arah tujuan pertama adalah daerah Kalibawang KulonProgo. Ketika anda sampai di REST AREA PASAR BENDO DUSUN POTRONALAN, disamping pasar ada jalan menaik, anda masuk ke jalan itu dan ikuti sampai atas. Letak waduk mini kalibawang ada di kiri jalan. Jalan kesana hanya ada satu jalur jadi anda tidak usah takut tersesat.

 

>  Lokasi Embung Banjaroya in

Tempat wisata alam Embung Banjaroya ini berlokasi Dusun Tonorogo,Desa Banjaroya, Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di perbukitan Menoreh.

> Yang Menarik dari Embung Banjaroya

  • Di  embung ini terdapat patung durian raksasa,sebagai simbol hasil pertanian daerah tersebut. Namun buah durian bisa didapat waktu pas musim buah durian. Patung buah durian ini sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung.
  • Selain patung durian raksasa,ada juga waduk mini yang dikelilingi oleh gazebo untuk menikmati pemandangan sekitar waduk.

> Tiket Masuk Embung Banjaroya

  • Tiket masuk tempat : Gratis
  • Tiket Parkir Mobil  : Rp. 5000,-
  • Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,-

> Jam Operasional Embung Banjaroya

  • Buka setiap hari, mulai pukul : 07.00 – 17.00 WIB.

> Fasilitas di Embung Banjaroya

  • Toilet
  • Warung penduduk sekitar

> Lokasi Embung Banjaroya

  • Dari pusat kota Yogyakarta, anda bisa melewati jalan Godean lurus ke barat hingga menyeberangi sungai Progo dan menemukan perempatan lampu merah Kenteng.
  • Dari perempatan lampu merah tersebut belok kanan menuju arah Magelang lurus saja  hingga sampai Rest Area Pasar Bendo dusun Potronalan.
  • Dari pasar tersebut belok kiri,lurus saja ikuti jalan , dari sini embungnya berjarak kurang lebih 3 kilometer.

Dimana Kita Tinggal?

Tulisan ini dipublikasikan di Yogya Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *